Sejumlah 706 Santri Madrasah diniyah Al-Hidayah Melaksanakan Ujian Muhafadhoh

Sejumlah 706 Santri Madrasah diniyah Al-Hidayah Melaksanakan Ujian Muhafadhoh

Pendidikan
Penulis : Administrator

Madin Al-Hidayah - Muhafadhoh Adalah Ujian Hafalan Nadhom Kitab yang sedang dipelajari selama satu semester. dilaksanakan sebelum Ikhtibar (Ujian) Semester, Baik semester ganjil maupun semester genap.

Mulai dari tingkat paling dasar hingga tingkatan paling atas ikut dalam pelaksanaan muhafadhoh. Tiap Tingkatan memiliki kewajiban menghafal nadhom sesuai dengan tingkatanya. Seperti halnya tingkat Awaliyah, Para santri wajib menyetorkan Hafalan pelajarannya. Kelas 1 Awaliyah nadhom Aqidatul Awam. Kelas 2 Sorof. Kelas 3 Sorof. dan kelas 4 nadhom Imrithi. Begitu juga dengan tingkat Wustho dan Ulya menyetorkan hafalan nadhom Alfiyah Ibn malik.

Sabtu, 07 Oktober 2021 - 11 oktober 2021 Sejumlah 706 Santri Madrasah Diniyah Al-Hidayah melaksanakan Muhafadhon Semester ganjil. Muhafadhoh dilakukan terjadwal selama 4 hari dikarenakan jumlah santri yang tidak sedikit.

K. Moh. Sholeh sebagai kepala Madin Alhidayah menjelaskan "hafalan nadhom termasuk bagian dari metode pembelajaran pendidikan berbasis salaf. sebenarnya setiap pertemuan, santri menghafal nadhom yang diajarkan pada pertemuan sebelumnya. Misal diajarkan 5 nadhom beserta penjelasanya pada pertemuan pertama, maka pertemuan kedua menghafalkan 5 nadhom tersebut, satu minggu umumnya terdapat 2 pertemuan. untuk Muhafadhoh pada tiap semester bertujuan agar santri tidak melupakan hafalan yang telah disetorkan pada tiap pertemuan".