Mahad aly al-hidayah gelar oreientasi mahasantri baru

Mahad aly al-hidayah gelar oreientasi mahasantri baru

Pendidikan
Penulis : Shohibul Abror

28 mahasantri baru Ma'had Aly Al Hidayah angkatan awal gelombang ke 1 tahun akademik 2021-2022, mengikuti orientasi studi atau pengenalan kampus di Desa Lajukidul, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Senin (21/06/2021). Kegiatan menghadirkan Dewan Masyayih Al-Hidayah, bertujuan untuk memberikan motivasi kepada 28 mahasantri, untuk tidak terbebani dengan aturan kampus maupun di asrama pesantren. Pasalnya, akademik berbasis pesantren sebagai tempat pembinaan dan pembentukan karakter islami.

“Kami harap adik - adik tidak terbebani aturan asrama maupun kampus pesantren. Karena pesantren tempat pembentukan karakter dan belajar mutolaah, kajian peradaban Islam, dan Tafaqquh Fiddin,” kata Mudir sebutan Direktur Ma'had Aly Al Hidayah Nur Khozin di hadapan para mahasantri.  Nur Khozin menegaskan bahwa, Ma'had Aly secara formal selaras progam pemerintah untuk pemerataan dan pengakuan pondok pesantren dalam menyelenggarakan akademik pendidikan perguruan tinggi.  "Jadi adik- adik harus bangga. Sebab alumnus Ma'had Aly akan dididik sistematis belajar akademik Tarikh Al Islami, penguasaan bidang sejarah dan peradaban Islam serta ilmu keagamaan Islam berbasis kitab - kitab rujukan pesantren," imbuhnya. Masih di acara orientasi study pengenalan kampus Al Hidayah, Pria berkacamata Nur Khozin juga meminta kepada mahasantri untuk bersungguh- sungguh mengejar ilmu pengetahuan serta bisa mengembangkan pada skill- skill di luar keilmuan akademik. "Kalian akan bertemu dan tinggal bersama teman-teman berbeda latar belakangnya, baik perbedaan sosial antar-mahasantri karena beda daerah. Sebab itu, harapan kami masa orientasi bisa menjadi pengalaman untuk mempermudah interaksi sosial ketika terjun langsung ke masyarakat," pungkasnya.

Sekedar informasi Ma'had Aly merupakan pendidikan setara perguruan tinggi diakui keberadaannya oleh pemerintah pusat. Di mana kelulusan mahasantri 4 tahun, dipersiapkan menjadi alumnus terampil bidang ilmu Islami dan kajian kitab klasik sebagai kelanjutan pendidikan berbasis pondok- pondok pesantren di Indonesia. Sedangkan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur tercatat sudah berdiri 4 Ma'had Aly di 4 kecamatan yakni, Semanding, Rengel, Senori dan Ma' had Aly Al Hidayah dengan studi sejarah dan peradaban Islam atau Qismu Al Tarikh al-Islami Watsaqofatihi di Singgahan.